feature-top

Indonesia kembali mencatat sejarah. Kali ini datang dari dunia sepakbola. Indonesia untuk pertama kalinya berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021.

Hasil tersebut didapatkan setelah Presiden FIFA, Gianni Infantino menyatakan Indonesia menjadi tuan rumah di Shanghai (24/10/2019). Indonesia berhasil mengalahkan Peru dalam pencalonan sebagai tuan rumah.

Ratu TIsha Destria yang merupakan Sekretaris Jendral PSSI menjadi perwakilan Indonesia di Shanghai untuk melakukan presentasi. PSSI berhasil menyakinkan para tamu yang hadir bahwa Indonesia layak menjadi tuan rumah.

Sebelumnya Indonesia bersaing dengan empat kandidat yang turut mengajukan diri menjadi tuan rumah. Negara tersebut yakni Myanmar-Thailand, Peru, Brazil, dan Bahrain-Arab Saudi-Uni Emirat Arab.

Namun sering berjalannya waktu, Myanmar-Thailand lebih dulu mengundurkan diri kemudia disusul oleh Bahrain-Arab Saudi-Uni Emirat Arab dan terakhir Brazil yang menarik diri. Alhasil tinggal Indonesia dan Peru yang bersaing dan akhirnya Indonesia yang berhasil terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada tahun 2021.

Indonesia telah siap sebagai tuan rumah dengan 10 stadion yang telah ditunjuk untuk menyelenggarakan pertandingan. Adapun stadion tersebut yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Patriot Candrabhaga, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Gelora Sriwijaya, Stadion I Wayan Dipta, Stadion Pekansari, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion Mandala Krida.

Selamat buat Indonesia, semoga menjadi semangat dan kembali membangun prestasi dunia sepakbola kita.

 

Penulis: Redaksi