Wed, 28 Feb 2024
Travel / Nov 06, 2021

Polandia yang Menawan

Apa yang terlintas dalam pikiran kamu jika mendengar negara Polandia? Pastinya, karena warna benderanya yang terbalik dengan negara kita bukan?. Namun, jika kita menelaah lebih mendalam bahwa Polandia menyimpan banyak sejarah yang menarik untuk dipelajari.

Salah satunya jika kita melirik sejarah khususnya Pakta Warsawa, dimana suatu aliansi militer serta politik untuk menindak langsung atas masuknya militer Jerman Barat ke dalam kesatuan NATO di tahun 1955 (Purmintasari, 2013). Di samping itu, Polandia yang terletak di Eropa Tengah ini juga dikenal dengan dengan lokasi geografisnya yang strategis karena berada di persimpangan Eropa Barat dan Eropa Timur, sehingga memiliki perpaduan budaya Eropa Barat dan Eropa Timur khususnya dalam Arsitektur. Berikut beberapa wisata yang terletak di Polandia :

1. Old Town, Warsaw

  

Tempat yang menjadi bagian dari sejarah Polandia dimana tempat ini memiliki patung Mermaid dengan memegang pedang serta tameng yang menjadi symbol dari kota Warsawa. Disini, terdapat banyak masyarakat asli serta warga asing untuk melepas penat karena disini banyak sekali hiburan, khususnya jika berkunjung di hari minggu. Bisa kita lihat atraksi sulap serta musisi jalanan yang memainkan violin, gitar, serta saxophone.

2.  Royal Castle, Warsaw

  

Selanjutnya ada Royal Castle yang berada tepat di Old Town, Warsaw. Royal Castle sendiri yaitu peninggalan raja Zygmunt III dimana pada saat itu terjadi pemindahan ibukota ke Warsawa di tahun  1596 dan kemudian dirombak kembali oleh raja Stanislaw August Poniatowski di tahun 1764. Disini, kita bisa melihat lukisan serta patung yang sangat artistic dimana penuh akan makna. Disamping itu juga, disini menyimpan berbagai pernak-pernik kerajaan dimulai dari emas, guci, serta juga seragam perajurit, dan peninggalan pianis legendaris Polandia yaitu Frydryk Chopin.

3. Museum Frydryc Chopin

  

Museum ini terletak di ?elazowa Wola, dimana 46 km sebelah barat Warsawa dan di tempat ini juga dikenal sebagai tempat kelahiran Fryderyk Chopin. Di museum ini, kita akan disuguhi beberapa peninggalan dari pianis terkenal dari Tanah Polandia yaituh Frydryk Chopin.

Disini juga terdapat ide-ide Frydryk Chopin dalam membuat karya serta perkembangan musiknya dalam masa ke masa. Disini kita bisa melihat film documenter kehidupan Frydryc Chopin serta mendengarkan alunan melodi dari pianis-pianis terkemuka di Poland dimana sangat menyentuh dan menjadi pengalaman tak terlupakan jika anda menyukai music-music classic.

4. Lazienki Park, Warsaw

  

Taman ?azienki atau dikenal dengan Royal Baths Park yaitu sebuah taman terbesar yang terletak di Warsawa, Polandia. Dimana, taman ini seluas 76 hektar. Hal yang perlu diketahui bahwa taman ini dibuat di dalam hutan liar sehingga jika kita berjalan-jalan disini, kita bisa melihat hewan-hewan liar seperti tupai. Disamping itu, di dalam taman ini kita bisa menemukan beberapa istana, namun yang menarik yaitu Palace on the Water dimana peninggalan Stanis?aw August Poniatowski. Tak luput juga disini terdapat Pagoda Pavilion.

5. Old Town, Kraków

   

Krakow sendiri ialah kota tertua di Polandia dan juga menjadi kota kedua terbesar di Polandia. Sebelumnya Krakow ialah ibukota dari Polandia hingga tahun 1596. Di Old Town yang berlokasi di Kraków ini kita bisa menemukan beberapa bangunan yang indah sama halnya dengan di Old Town yang berada di Warsaw. Namun, bedanya disini terdapat Universitas tertua yaitu Universitas Jagiellonian yang dibangun pada tahun 1364. Tak luput terdapat Wawel Castle yang sangat megah dan seperti fairy tale yang dibangun oleh Raja W?adys?aw I.

6.  Auschwitz Concentration Camp

  

Dibalik keindahan Polandia, negara ini memiliki sejarah kelam salah satunya yaitu mengenai Auschwitz Concentration Camp. Dimana camp ini menjadi salah satu saksi kejahatan Nazi dalam Gonosida yang membantai banyak orang yahudi. Sehingga jika kita berkunjung ke tempat ini akan merasakan perasaan yang sangat emosional.  Disini juga terdapat buku yang bisa kita beli jika kita tertarik tentang sejarah dari asal-usul camp ini dan juga dijual post-card yang bisa didapat dengan hanya membayar 1 zl.

 

Penulis: Teddy Farhan, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Awardee, University of Warsaw.

 

Pronesiata

Kami percaya jika semua tulisan layak untuk dibagikan. Tak perlu harus sempurna! Media ini ruang bagi semua yang memiliki karya tulisan.

© pronesiata.id. All Rights Reserved.