Mon, 24 Jun 2024
Editorial / Feb 27, 2023

Halo Effect, Efek Pembingkaian Dalam Perilaku Kita

Halo effect merupakan salah satu fenomena psikologi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Halo effect merupakan efek dimana pandangan positif atau negatif seseorang terhadap karakteristik atau perilaku seseorang akan mempengaruhi pandangan mereka terhadap karakteristik atau perilaku lain dari orang yang sama.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu halo effect, mengapa hal itu terjadi, dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi persepsi kita terhadap orang lain.

Halo effect dapat dijelaskan dengan contoh sederhana seperti ketika seseorang yang terlihat menarik secara fisik dianggap lebih cerdas atau memiliki keterampilan yang lebih baik daripada seseorang yang kurang menarik.

Sebaliknya, ketika seseorang dianggap tidak menarik secara fisik, mereka cenderung dianggap kurang cerdas atau kurang berbakat, meskipun hal itu tidak benar. Ini adalah contoh nyata dari bagaimana penilaian kita tentang satu aspek dapat mempengaruhi penilaian kita tentang aspek lainnya.

Halo effect juga dapat terlihat dalam dunia bisnis, terutama dalam konteks merek. Merek yang dikenal dan dianggap sukses dalam satu bidang, seperti teknologi, sering dianggap sukses dalam bidang lain seperti fashion atau makanan.

Ini terjadi karena orang cenderung mengasosiasikan merek dengan kualitas dan reputasi yang mereka miliki, bahkan jika mereka tidak memiliki keterampilan atau pengalaman yang relevan di bidang baru tersebut.

Penyebab dari halo effect sendiri sebenarnya cukup kompleks dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi halo effect adalah sebagai berikut:

Kesimpulan Cepat

Ketika kita bertemu seseorang untuk pertama kali, kita cenderung membuat kesimpulan awal tentang orang tersebut berdasarkan penampilan atau faktor lainnya yang mudah diamati. Hal ini membuat kita terkadang mengabaikan kualitas lain yang mungkin lebih penting, seperti kepribadian atau keterampilan.

Efek Pembenaran Diri

Ketika kita sudah membuat kesimpulan tentang seseorang, kita cenderung mencari informasi tambahan yang mendukung penilaian kita. Kita cenderung mencari bukti yang mengonfirmasi pendapat kita dan mengabaikan bukti yang bertentangan dengan pendapat kita.

Pengaruh Kelompok

Halo effect juga dapat terjadi ketika kita terpengaruh oleh orang lain di sekitar kita. Misalnya, ketika teman atau keluarga memberikan pendapat positif tentang seseorang, kita cenderung untuk ikut serta dan memberikan penilaian yang sama tanpa mempertimbangkan fakta yang mungkin bertentangan dengan hal itu.

Efek Primasi

Hal lain yang dapat mempengaruhi halo effect adalah pengaruh primasi. Efek primasi merupakan efek dimana orang cenderung mengingat dan memberikan nilai yang lebih tinggi pada informasi atau kualitas yang mereka terima terlebih dahulu. Misalnya, jika seseorang memberi tahu kita bahwa orang tersebut memiliki keterampilan yang luar biasa.

Pronesiata

Kami percaya jika semua tulisan layak untuk dibagikan. Tak perlu harus sempurna! Media ini ruang bagi semua yang memiliki karya tulisan.

© pronesiata.id. All Rights Reserved.