Wed, 24 Jul 2024
Kabar / Jun 24, 2024

Berbagi dan Makan Bersama di Momen Lebaran, Kebiasaan Baru yang Positif di Awang Tangka

Masyarakat di Kelurahan Awang Tangka, Kecamatan Kajuara, Kabupaten Bone punya kebiasaan yang unik. Saat momen lebaran idul adha yang dilaksanakan pada Senin (17/06/2024), masyarakat yang melaksanakan sholat id di Masjid Nurul Falah membawa hidangan dari rumahnya untuk disantap bersama.

Makanan-makanan yang dibawa lalu diatur oleh masyarakat lainnya untuk siap disantap saat kegiatan sholat id telah selesai. Ada yang membawa opor ayam, bakso, burasa’, telur dan berbagai makanan lainnya tersusun rapi dan dimakan secara bersama di masjid tersebut.

Andi Muhammad Hidayat, tokoh masyarakat di Awang Tangka menjelaskan kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun 2021. Menurutnya makan bersama di momen lebaran untuk menjalin silaturahmi masyarakat.

“Kita disini susahki silaoi (mendatangi rumah satu persatu), jadi apa yang dibikin untuk rumah ke rumah, sekalian berkumpul di masjid,” terangnya.

Momen ini menjadi ruang temu warga yang jarang bertemu sebelumnya. Ia juga berharap pelaksanaan makan bersama ini tetap terjaga untuk merawat silaturahmi serta saling berbagi antar sesama.

“Dampak positifnya keakraban itu selain itu biasa ada masakan masakan baru, ibu-ibu jadi bisa saling bertanya apa resepnya,” ujar Hidayat yang juga merupakan Kepala Lingkungan Boku.

“Mudah-mudahan kita memotivasi masyarakat untuk selalu berbuat sesuatu untuk masjid, ujung ujungnya kita mau mendapat pahala, bernilai ibadah di sisi Allah itu maunya,” tambahnya.

Masyarakat di luar kampung juga terlibat

Momen makan bersama juga ini menarik minat masyarakat di luar kelurahan Awang Tangka bahkan Kabupaten Bone untuk merasakan suasananya.

“Selain itu kegiatan juga ini kami harap menarik masyarakat untuk kita disini merayakan lebaran bersama,” terangnya.

Asmar Tahirman, yang berdomisili di Makassar turut hadir dalam perayaan lebaran di masjid tersebut menjelaskan kegiatan ini menjadi gambaran nyata masyarakat saling berbagi kebahagiaan.

"Ini kali kedua saya lebaran disini, pertama kali itu tahun 2021 ikut lebaran Idul Adha disini karena teman,” ujarnya.

Asmar mengaku terkejut karena biasanya orang setelah shalat bakalan pulang ke rumah dan bersilaturahmi ke tetangga-tetangganya.

“Tetapi ini beda karena makan bersama dulu baru pulang. Saya juga merindukan momen ini makanya Idul Adha tahun ini ikut teman lagi dan kegiatan ini ternyata masih ada dan menurutku bisa dicontoh sama orang lain juga,” tandanya.

 

Pronesiata

Kami percaya jika semua tulisan layak untuk dibagikan. Tak perlu harus sempurna! Media ini ruang bagi semua yang memiliki karya tulisan.

© pronesiata.id. All Rights Reserved.