Mon, 24 Jun 2024
Kabar / Jun 02, 2024

Mahasiswa Prodi S2 BK UNM Sukses Gelar Couselor Inspiring & Career Expo 2024

Mahasiswa Angkatan 2023 Prodi S2 Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar menggelar Counselor Inspiring and Career Expo (CICE) 2024 pada Sabtu (1 Juni 2024). Kegiatan ini dilangsungkan di Aula Pascasarjana UNM yang dihadiri sekitar 170 peserta dari berbagai kalangan.

CICE 2024 menyelenggaran talkshow dengan mengangkat tema Build Identity and Branding: Peluang dan Tantangan Karir Generasi Alpha di Era Transformasi Digital.

Menghadirkan 3 narasumber yakni Prof. Dr. Farida Aryani, M.Pd yang merupakan Kepala UPT-LBK UNM, Prof. Dr. Abdul Saman, M.Si. Kons, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNM dan A. Suriamma Pasinringi,SH., M.Si, Kasubag Dinas ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sulsel.

Selain talkshow, kegiatan lainnya adalah layanan konsultasi yang terdiri dari layanan karir, tes karir, konseling dan diagnostik non kognitif serta Kuis Ranking 1 untuk siswa SMP dan SMA.

Muhammad Riszky, ketua panitia CICE 2024 menerangkan bahwa kegiatan ini menyasar siswa, guru, para praktisi pendidikan hingga masyarakat umum untuk melihat bagaimana tantangan geenrasi alpha di era transformasi digital.

"Tantangan setiap generasi tentu berbeda. Generasi alpha saat ini lahir di tengah kemajuan teknologi yang sangat pesat. Hal ini berdampak terhadap karakteristik dan mental yang berbeda pula," terangnya.

"Kegiatan ini menjadi penting bagi kita untuk menambah wawasan berkaitan generasi alpha, mulai dari bagaimana tantangan karir di era transformasi digital, strategi guru menghadapi generasi alpha hingga gambaran tenaga kerja di Sulawesi Selatan," tambahnya.

Ia juga menambahkan kegiatan ini adalah project dari mata kuliah Bimbingan Karir. Semua panitia yang terlibat merupakan mahasiswa S2 Bimbingan dan Konseling angkatan 2023.

"Tantangan melakukan kegiatan seperti ini adalah mahasiswanya yang berasal dari berbagai latar belakang dan kesibukan diluar aktivitas akademik. Sehingga penting untuk terus melakukan kolaborasi dan komunikasi yang intens dengan teman-teman Angkatan," ujar Riszky, yang merupakan alumni S1 Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Sementara itu Sahril Buchori, ketua Prodi S2 Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNM menjelaskan jika pelaksanaan kegiatan ini merupakan best practice yang patut diapresiasi.

"Kegiatan CICE 2024 ini melebihi ekspektasi ita terutama melihat persiapan yang singkat. Kita mengapreasiasi kinerja panitia yang merupakan mahasiswa S2 Bimbingan dan Konseling angkatan 2023," terang Sahril, pada sambutan pelaksanaan CICE 2024.

Apresiasi juga datang dari salah seorng peserta yang hadir dalam kegiatan CICE 2024. Wanda menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini harus diterus didorong untuk menambah pengetahuan Masyarakat mengenai isu pendidikan khususnya bimbingan dan konseling.

“Era sekarang ini adalah eranya generasi alpha, sehingga kita butuh pengetahuan untuk mengenal lebih jauh. Dan kegiatan ini memberikan kita referensi yang dapat diterapkan dalam pekerjaan dan keseharian kita,” ujarnya.

Pronesiata

Kami percaya jika semua tulisan layak untuk dibagikan. Tak perlu harus sempurna! Media ini ruang bagi semua yang memiliki karya tulisan.

© pronesiata.id. All Rights Reserved.