Wed, 28 Feb 2024
Warta / Jan 01, 2020

GYM dan Walhi Sulsel Berpartisipasi Dalam Kegiatan Pembinaan Generasi Muda

Makassar. Pronesiata.id - Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan menggelar Kegiatan Pembinaan Generasi Muda pada 26 hingga 27 Oktober 2019. Kegiatan ini mengusung tema Peran Pemuda dalam Menyelamatkan Bumi berlangsung di Gedung Mulo.

Salah satu agenda dalam kegiatan ini yakni pameran stand yang berisi dari beragam organisasi lingkungan, komunitas, hingga hasil kelola rakyat. Salah satu yang berpartisipasi yakni Green Youth Movement (GYM) bersama dengan Wahana Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan (Walhi Sulsel).

Stand GYM dan Walhi Sulsel berisi tentang foto-foto upaya-upaya advokasi lingkungan, infografis serta aneka jualan usaha mandiri.

Akram, pengurus Walhi Sulsel menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan berharap terbangunnya jejaring untuk saling berkolaborasi dalam agenda kedepannya.

"Kegiatan ini cukup bermanfaat bagi pemuda tentunya, hanya saja menekankan peran pemuda saja sebagai agen penyelamat lingkungan saya rasa masih harus dipikir baik-baik, karena di satu sisi pemerintah dalam hal ini eksektutif dan legislatif juga sebagai pemegang regulasi memiliki peran yang sangat krusial untuk agenda penyelamatan lingkungan hidup kedepannya. Jadi yang terpenting adalah kolaborasi, tua maupu muda punya tanggung jawab masing-masing," terangnya.

Selain itu, Azizah, anggota dari Green Youth Movement mengapresiasi kegiatan ini karena dapat menjadi langkah dalam mengurangi kerusakan yang terjadi dan dimulai dari hal-hal kecil.

"Apresiasi tinggi perlu diberikan pada kegiatan ini, dialog ini bisa menjadi penggerak generasi muda untuk turut berkontribusi dalam penyelamatan bumi, dimulai dari hal kecil yakni mengurangi akumulasi kerusakan lingkungan seperti sampah di lingkungan sekitar," jelasnya.

Green Youth Movement merupakan salah satu organisasi yang berfokus pada isu lingkungan yang baru saja terbentuk setelah mengikuti Sekolah Lingkungan Hidup Walhi Sulsel.

Kegiatan yang berlangsung di Malino dalam bentuk in class, berupa materi-materi berkaitan dengan lingkungan hidup. Kemudian dilanjutkan out class di Tana Toa, Kajang, melakukan riset mengenai konflik hutan adat masyarakat serta melihat masyarakat kajang dalam menjaga hutannya.

Selain pameran stand agenda lain dalam kegiatan ini yakni, talkshow lingkungan hidup, wirausaha dalam lingkungan serta FGD.

Penulis: Redaksi

Pronesiata

Kami percaya jika semua tulisan layak untuk dibagikan. Tak perlu harus sempurna! Media ini ruang bagi semua yang memiliki karya tulisan.

© pronesiata.id. All Rights Reserved.