feature-top

Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Makassar sebagai sebuah organisasi wanita yang mengusung visi dan misi di bidang sosial dan kesehatan, senantiasa berupaya menjalankan program dan kegiatan terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini, Indonesia, dan Makassar pada khususnya.

“Sebagai bentuk kepedulian kepada warga Kota Makassar yang terkena dampak penyebaran virus corona, jajaran pengurus dan anggota IIDI Cabang Makassar turun langsung ke tengah-tengah warga menyalurkan bantuan yang dirangkum dalam rangkaian Bakti Sosial sejak bulan Maret 2020 hingga hari ini,” terang Ibu A. Rushanti Idrus Paturusi selaku Ketua IIDI Cabang Makassar.

Pada bulan Maret lalu, Bakti Sosial berupa berbagi makanan bergizi kepada Tenaga Kesehatan di RS Wahidin Sudirohusodo dan RS Unhas. Bulan April - Mei berupa Peduli sekitar dan pada Bulan Ramadhan adalah Jumat Berkah yaitu berbagi Sembako. dan Masker kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan.

“Adapun Bakti Sosial IIDI saat ini, berupa pembagian washtafel portable, galon air cuci tangan, dan hand sanitizer. Senin (8/6/2020) bantuan telah diserahkan di Kantor Kelurahan Untia dan Kampung Nelayan Untia, Biringkanaya.

 

Hari ini (9/6/2020), bantuan diserahkan di Kantor Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo, juga untuk 2 kelompok warganya. Kemudian, penyerahan bantuan kepada Mesjid Al Urwah di Jalan Kumala 2. Bantuan juga diberikan di Daerah Nelayan padat penduduk Kec. Mariso.

Selain itu, bantuan juga diberikan kepada Keluarga Lansia Dhuafa dibawah naungan yayasan Fatimah Azzahrah di Jl. Barukang 3 Kec. Bontoala. Terakhir, kami menyerahkan kepada warga pemukiman kumuh di seputaran Jl. Hertasning, Makassar”

“Secara khusus kami menyampaikan terima kasih kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang senantiasa mendukung kegiatan kami, utamanya Bakti Sosial ini, di mana IDI menyiapkan washtafel portable yang sangat praktis digunakan masyarakat,” tutupnya.

Terdapat total 10 Washtafel Portabel yang dibagikan, 50 galon air cuci tangan, sabun, dan hand sanitizer yang diracik oleh ibu-ibu pengurus dan anggota IIDI Cabang Makassar.

“Penyerahan bantuan ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Biasanya di setiap kegiatan pengurus dan anggota ramai terlibat, tapi kali ini keterlibatan mereka di bagi dalam bentuk yang berbeda. Ada yang meracik hand sanitizer, kemudian penyerahan bantuan juga dilakukan berkelompok di mana tiap kelompok diwakili oleh 2 orang pengurus dan mengunjungi titik lokasi yang berbeda,” kata Ibu Nirma Rizal Tjaddiaman selaku Sekretaris Umum IIDI Cabang Makassar.

Khusus di Kelurahan Pannampu, Tallo penyerahan bantuan diwakili oleh ibu drg. Ciya Nuralim dan ibu Ny. Suarni Asrori. Di Kelurahan Untia ibu Nirma Rizal Tjaddiaman dan ibu Thaty Mappatoba.

Adapun lokasi lainnya, diantarkan langsung oleh Ketua IIDI Cabang Makassar Ibu A. Rushanti Idrus Paturusi dan Ibu A. Muly Asadul. Sementara ibu Upiek Mahmud Ghasnawie dan Ibu Henny Faridin meracik hand sanitizer bersama anggota lainnya.

Warga sangat antusias terhadap pemberian ilmu dan bantuan guna meminimalisir penularan Covid-19. Pengetahuan yang didapatkan sangat berguna agar terhindar dari virus.

“Dengan adanya Bakti Sosial IIDI ini kami jadi faham pentingnya menjaga kebersihan untuk kesehatan. Kami orang di kampung sejak dahulu setiap mau makan pasti cuci tangan, tapi sekarang baru kami warga mengerti kenapa saat virus corona ini melanda kita harus selalu cuci tangan pakai sabun, kemana-mana bawa hand sanitizer dan pakai masker. Terima kasih kepada IIDI Makassar bantuannya, yang tidak hanya berupa barang tapi juga ilmu yang sangat bermanfaat,” jelas Ibu Jamrud, warga Kampung Nelayan Untia.

 

Penulis: IIDI
Editor: pronesiata