Mon, 24 Jun 2024
Inspirasi / Dec 31, 2020

Literasi Sains Ala Rumah Hijau Denassa

Apa yang sudah anda lakukan untuk pulih dari sakit hati di masa lalu? Bangkit atau mengambil pelajaran?

Darmawan Denassa seorang suami, bapak dan pegiat literasi dari daerah gowa, tepatnya di kampung literasi Borongtala. Ia menyulap lahannya menjadi sebuah tempat belajar literasi, budaya hingga sains.

Beliau memiliki sebuah kenangan masa lalu yang cukup melukai hatinya. Pohon kesayangannya saat kecil dahulu ditebang dan cukup membuatnya sedih. Alhasil pria lulusan sastra Universitas Hasanuddin ini kemudian melampiaskan kesedihannya dengan mengumpulkan berbagai macam jenis pohon baik endemik maupun langka ia tanam disekitaran rumahnya yang kini dikenal dengan Rumah Hijau Denassa (RHD).

Sejak dirintis tahun 2007, kini di RHD ada banyak jenis tumbuhan, kurang lebih 500 jenis tanaman ada disana. Ia juga memberikan wadah bagi masyarakat sekitar untuk belajar mengenai tanaman, tak cuma itu anak-anak disana juga diberikan pembelajaran lewat tanaman yang memiliki cerita-cerita unik. Tentu ini jadi pengetahuan baru bagi anak-anak disana yang tergabung dalam kelas komunitas.

 

Banyak orang yang telah datang baik sekadar berkunjung atau juga meniliti, menjadikan RHD menjadi kawasan bagi siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran langsung di alam. Pada tahun 2016 RHD dijadikan sebagai kampung literasi. Bila berkunjung ke kawasan ini, anda akan disuguhkan berbagai koleksi buku bacaan khususnya bacaan anak-anak dan sastra.

Apa yang ia lakukan turut memberikan pelajaran akan kelestarian lingkungan. Tak heran, jika pengunjung datang, aturan yang harus dipatuhi jelas, tidak boleh membaca bekal dari wadah plastik. Semua pengunjung wajib membawa botol air minum, memakai topi caping serta tidak boleh menganggu tanaman dan hewan yang ada di kawasan RHD.

Hal ini tentunya merupakan hal yang membanggakan, bagimana tidak? Belajar dari masa lalu ia menanam pohon dan juga memberikan pelajaran bagi generasi muda bahwa menjaga kelestarian lingkungan merupakan suatu keharusan dan kewajiban.

 

Penulis: Khudri, content writer pronesiata.id

Pronesiata

Kami percaya jika semua tulisan layak untuk dibagikan. Tak perlu harus sempurna! Media ini ruang bagi semua yang memiliki karya tulisan.

© pronesiata.id. All Rights Reserved.