Wed, 28 Feb 2024
Tips / Jun 16, 2021

Dengan 3 Hal Kecil ini Kamu Sudah Turut Menyelamatkan Lingkungan

Dengan 3 Hal Kecil ini Kamu Sudah Turut Menyelamatkan Lingkungan Untuk menyelamatkan dunia kita gak harus melakukan sesuatu yang besar. Hal kecil yang dilakukan secara konsisten pun bisa membuat perubahan, akan lebih maksimal jika dilakukan bersama-sama. Ternyata kita bisa mulai berkontribusi terhadap lingkungan dengan kebiasaan-kebiasaan kecil. Berikut 3 Hal yang bisa kita lakukan.

1. Habiskan Makanan yang Kita Konsumsi


©freepik.com/wirestock

 

Perihal sisa makanan ini terdengar sepele, tetapi menurut Riset Badan PanganDunia mencatat bahwa setiap orang Indonesia berpotensi untuk membuang rata-rata 300 Kg makanan dalam setahun, dan Jumlahnya bisa menjapai 13 Juta Ton Per tahun. Tidakkah kita merasa bersalah dan menyesalinya?.

Ketika memilih untuk mengkonsumsi suatu makanan/minuman, niatkan sedari awal untuk menikmatinya hingga habis. Kalau merasa porsinya terlalu banyak, kita bisa berbagi kepada teman, atau pesan dengan jumlah setengahnya. Awali melakukan sesuatu dengan niat yang baik.

Mari mulai menumbuhkan rasa tanggung jawab dan menghargai atas makanan yang kita konsumsi, salah satunya dengan menghabiskanya tanpa sisa. Kebiasaan kecil ini selain perwujudan rasa syukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan, juga turut membantu mengurangi sampah makanan di Indonesia.

2.Menggunakan Kendaraan Umum


©freepik.com/rawpixel

Indonesia termasuk Negara dengan Polusi Udara yang tinggi. Salah satu sumber polusi ialah kendaraan yang sering kita pakai seperti motor dan mobil. Selain lingkungan, manusia pun akan terkena getahnya, seperti mengalami penyakit asma, emphysema, bronchiolitis, bahkan kanker.

Kita bisa turut berinvestasi untuk kesehatan bumi dan diri sendiri dengan memilih menggunakan kendaraan umum. Kita juga bisa memakai cara yang lebih sehat seperti dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Berikut beberapa saran agar proses peralihan dari kendaraan pibadi ke kendaraan umum menjadi lebih nyaman dan aman. karena sekarang sedang berada di era new normal, alangkah baiknya untuk menjaga jarak, menggunakan masker medis, serta membawa hand sanitizer agar tetap steril. Kalau tidak menyukai kebisingan ketika di kendaraan umum, kita bisa menggunakan headseat untuk mendengarkan sesuatu yang dirasa lebih menenangkan. Selain itu, Membawa alat perlindungan diri juga perlu diperhatikan.

3.Gunakanlah Listrik Secukupnya


©freepik.com/jannoon028

Apakah Kamu termasuk orang yang sering menyalakan lampu di setiap ruangan meskipun itu di pagi hari? ga malu dengan energi terbesar di dunia, Matahari? Atau kamu lupa mematikan tv, ac, kipas angin, dan peralatan elektronik lainnya ketika ingin bepergian? kalau iya, mari berhenti mulai dari sekarang. Kebiasaan ga baik ini bisa memperparah pemanasan global.

Luangkan waktu sejenak untuk mengingat alat-alat elektronik apa saja yang harus dimatikan sebelum bepergian. Bisa dibantu dengan cara melakukan check list di buku catatan agar lebih mudah. Berpikir untuk memulai suatu hal yang baru biasanya akan lebih berat dibandingkan dengan melakukan eksekusinya di realita. Tidak semenakutkan yang dibayangkan.

Berpikirlah efek dari kebiasaan baik yang kita lakukan 10 hingga 20 tahun ke depan, rasanya akan jauh menenangkan.

 

Penulis:  Anis Nursyifa Maimunah, tenaga kontrak (Fresh Graduate) dapat ditemui di Instagram @anisnursyifa.

 

Pronesiata

Kami percaya jika semua tulisan layak untuk dibagikan. Tak perlu harus sempurna! Media ini ruang bagi semua yang memiliki karya tulisan.

© pronesiata.id. All Rights Reserved.