Wed, 28 Feb 2024
Tips / Dec 15, 2020

Tips Mudah Public Speaking Lancar dan Sukses

Teman-teman sekalian, banyak di antara kita dalam hidupnya pasti pernah mendapatkan suatu pengalaman atau tuntutan untuk berbicara di depan banyak orang. Entah itu dalam forum normal atau informal. Seringkali seseorang merasa tidak percaya diri saat mau memulai berbicara atau pada saat tengah berbicara, kadang rasa gugup tiba-tiba menjalar.

Berbicara di depan banyak orang disebut public speaking. Berbicara di khalayak umum dengan gaya bicara, bahasa dan pembahasan yang disampaikan, memang terlihat mudah, tapi tahukah kamu bahwa ada banyak komponen yang menentukan keberhasilan materi yang kamu sampaikan.

Buat kamu yang sedang ingin mempersiapkan sebuah pidato, penyuluhan, sambutan yang melibatkan audience yang banyak, tapi kamu merasa gugup, tidak percaya diri dan bingung harus memulai dari mana agar apa yang kamu katakan berjalan dengan lancar? Berikut ini tips untuk mempermudah kamu public speaking:

1. Perbanyaklah membaca 
Membaca merupakan jembatan ilmu, tak terbatas. Perbanyaklah literasi, sumber bacaan apa saja yang kamu sukai. Bisa dari koran, majalah atau media bacaan elektronik. Karena dengan membaca, dapat memperluas wawasan yang disesuaikan dengan topik speaking, dan menambah konotasi kata saat berbicara yang disesuaikan dengan audience.

2. Mencari tau latar belakang audience
Ini adalah bagian terpenting. Jika ingin sampai ke tahap good communication skill, seseorang harus terlebih dahulu menelaah dan mencari tau mengenai latar belakang audience. Dari mulai karakteristik, pendidikan, dan lain sebagainya. Hal tersebut mempermudah jalan untuk mengetahui sejauh mana paham mereka terhadap materi yang akan disampaikan, sejauh mana cara mereka menyikapi informasi yang disampaikan, pentingkah atau seberapa urgency kah informasi yang disampaikan. Sehingga ketika sudah penting dan berpengaruh bagi audience, maka informasi yang disampaikan juga berhasil.

3. Banyak berlatih
Setelah membaca, latihlah diri secara konsisten. Konsisten dalam waktu itu penting untuk melihat seberapa siap dan matangkah materi yang akan kamu siapkan nanti. Dan disesuaikan dengan jadwal. Jika terlalu sibuk, coba luangkan waktu minimal 10 menit, melatih diri merangkum apa yang sudah di baca dengan mengambil intisari dari materi yang di dapat, lalu mencobanya di depan cermin. Waktu yang dilakukan konsisten, misal dari senin sampai rabu dengan durasi waktu 10 menit atau lebih.


4. Body Language
Atau bahasa tubuh sangat penting dalam proses public speaking. Kadang body language juga mempengaruhi berhasilnya materi yang disampaikan kepada audience karena bahasa tubuh yang kita gunakan disesuaikan dengan topik atau tema.

5. Kreatif
Seorang yang ingin public speaking tentu harus memiliki kreatifitas. Kreatifitas berhubungan dengan karakteristik audience. Kreatifitas diperlukan untuk mencairkan suasana, salah satunya dengan memperkenalkan diri dari salah satu audience untuk mengenal karakteristik mereka, bisa menggunakan bahasa daerah yang disesuaikan dengan bahasa yang sehari-hari digunakan oleh audience atau menggunakan salam pembuka dan penutup yang unik.

Seorang yang kreatif, tau betul bagaimana menempatkan posisi yang baik sesuai waktu yang tepat untuk membawa suasana menjadi kondusif. Seorang yang kreatif juga memiliki ide yang timbul begitu saja ketika dihadapkan suatu hal yang datang secara tiba-tiba, misal kesalahan teknis atau kendala apa pun pada saat proses public speaking untuk membawa audience tetap fokus pada apa yang disampaikan.

6. Terlihat berenergi, fit dan bugar
Seorang yang ingin berbicara di depan banyak orang, yang paling pertama di lihat oleh audience adalah aura dan kondisi tubuh. Seseorang dengan aura yang ceria, pasti akan mempengaruhi suasana hati dan berdampak pada intonasi atau bahasa tubuh yang disampaikan.

Sementara kondisi tubuh, harus dipersiapkan layaknya kita berlatih agar terlihat fit dan bugar. Serta penyaluran energi yang positif kepada audience juga sama pentingnya dalam hal menjaga kebugaran tubuh. Untuk menjaga tubuh agar tetap fit, perbanyaklah minum air putih yakni 8 gelas per hari, rajin berolahraga, tidur yang cukup dan kurangi makanan yang berlemak atau junkfood.

7. Kuatkan dengan berdoa
Sesuatu hal atau rencana akan berjalan lancar jika di imbangi dengan doa. Meski sudah melakukan segala usaha tapi jika tidak di imbangi dengan berdoa, maka atas kehendak Tuhan pun tidak akan berjalan lancar. Sebelum acara di mulai, 30 menit atau sehari sebelumnya perbanyaklah berdoa, terutama di waktu mustajabnya terkabulnya doa bagi yang beragama muslim.

Nah, itulah beberapa poin penting yang bisa kamu coba sebagai alternatif mempersiapkan bekal atau performa kamu sebelum public speaking agar apa yang disampaikan berjalan dengan lancar hingga akhir. Lakukan poin di atas di sela waktu kesibukan atau di sela waktu senggangmu.

Kuncinya adalah teruslah membiasakan diri berlatih dan berbicara di depan beberapa orang untuk melatih mentalmu ke depan agar lebih terbiasa dan enjoy berbicara di depan khalayak umum atau audience.

 

Penulis: Afi Putri Utami Kusuma, mahasiswa yang aktif di lembaga dakwah kampus dan dewan mahasiswa.

Pronesiata

Kami percaya jika semua tulisan layak untuk dibagikan. Tak perlu harus sempurna! Media ini ruang bagi semua yang memiliki karya tulisan.

© pronesiata.id. All Rights Reserved.