Sat, 13 Apr 2024
Travel / Jan 06, 2021

Jalan-Jalan ke Makassar? Yuk Kunjungi Beberapa Tempat Ini

Kota Makassar merupakan salah satu kota dengan beragam wisatanya, baik itu wisata kuliner, pantai, hingga pusat hiburan. Jika kalian ke Makassar, jangan lewatkan beberapa tempat-tempat yang ada di Makassar.

1. Pantai Losari

Pernah tidak kita mendengar adagium yang berbunyi, “Anda belum pernah ke Makassar jika belum ke Pantai Losari”. Yah, Pantai Losari adalah satu kawasan unit dengan berbagai sajiannya. Mulai dari beragam jajanan kuliner khas Makassar, spot-spot foto yang banyak, beribadah di masjid terapung, berkeliling di laut dengan menggunakan “bebek-bebek” dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, salah satu tips untuk menikmati pantai losari yakni pada saat car freeday (hari Minggu pagi), karena kita dapat menikmati pagi hari dengan berjogging lalu menikmati berbagai kuliner yang dijajakan di beberapa tempat yang telah disediakan.

 

2. Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Gowa-Tallo sekitar abad 16. Uniknya, benteng ini bila dilihat dari udara, menyerupai seekor penyu yang hendak merangkak menuju pantai. Benteng yang awalnya bernama Benteng Panyyua kemudian berganti nama menjadi Fort Rotterdam setelah Kerajaan Gowa-Tallo menandatangani perjanjian Bungayya. Dalam benteng ini terdapat museum La Galigo yang mengoleksi berbagai benda peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Fort Rotterdam terbuka setiap hari dan terdapat berbagai event yang menarik yang sayang untuk dilewatkan.

 3. Pulau Samalona

Bagi yang suka dengan wisata pantai, Pulau Samalona adalah tempat yang cocok, berjarak sekitar 30 menit dari pelabuhan Poatere, Pulau Samalona yang berpasir putih ini menawarkan berbagai aktivitas seperti diving dan snorkeling dengan keindahan bawah lautnya yang cukup bagus. Selain itu berbagai aktvitas penunjang seperti pengipanan, kamar bilas, dan kedai.

 

 

 

4. Trans Studio Makassar

Bagi penyuka wahana permainan indoor, trans studio merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Sejak dibuka pada tahun 2009, tempat ini menawarkan 22 wahana permainan dengan 4 kawasan dengan tema yang unik seperti studio central, lost city, cartoon city dan magic corner. Untuk biaya masuknya, dikenakan tarif Rp. 150.000 pada Senin-Jumat dan Rp. 200.000 pada Sabtu-Minggu serta hari libur nasional.

 

 

 

5. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu merupakan salah satu benteng peninggalan Kesultanan Gowa pada abad ke 16. Jika berkunjung ke tempat ini, kalian hanya menemukan sedikit sisa-sisa peninggalannya. Tapi tunggu dulu, di tempat ini dapat dijumpai berbagai rumah-rumah tradisional khas dari berbagai daerah yang ada di Sulawesi Selatan. Selain itu, terdapat pula wahana bermain anak seperti Gowa Discovery Park yaitu taman wisata dan taman burung.

 

6. Bugis Water Park

Salah satu tempat wisata air ini menawarkan berbagai wahana yang cocok untuk segala usia. Sejak didirikan pada tahun 2012, bugis Water Park ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai daerah bukan hanya Kota Makassar. Beberapa wahana yang bisa dimainkan yakni Multislide dan free fall, body slide, black hole & rafting slide, whirpool, hingga kidspool. Adapun waktu bukanya yakni setiap hari dengan tarif Rp. 150.000 pada Senin-Jumat dan Rp. 180.000 – Rp. 200.000 pada hari Sabtu dan Minggu.

 

7. Mangrove Center Makassar

Terletak di bagian utara Kota Makassar, hutan mangrove ini merupakan salah satu lokasi bagi yang suka dengan alam mangrove yang telah dijadikan sebagai ekowisata. Di lokasi ini terdapat jalur tracking yang panjang dan di cat warna-warni ditambah dengan spot foto dan gazebo untuk beristirahat.

Jadi kemana kita hari ini?

 

Penulis: Redaksi

Pronesiata

Kami percaya jika semua tulisan layak untuk dibagikan. Tak perlu harus sempurna! Media ini ruang bagi semua yang memiliki karya tulisan.

© pronesiata.id. All Rights Reserved.